10 Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

10 Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia - Di beberapa negara, ada patung-patung bertema religius yang sangat terkenal dan menjadi objek wisata. Setidakya ada 10 patung yang paling terkenal karena ukurannya yang besar atau lokasinya yang unik. Apa saja? Figur gagah Patung Christo Redentor di Rio de Janeiro, sampai Patung Buddha Leshan yang terukir di sisi bukit.

Berikut adalah 10 Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia seperti yang dilansir oleh detikTravel dari CNN, Selasa (9/12/2014) :


1. Cristo Redentor, Brasil

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia


Patung Yesus atau Christo Redentor yang sedang merentangkan tangan di atas bukit, merupakan kebanggaan Rio de Janeiro dan Brasil. Patung tersebut memiliki tinggi 30 meter, dengan berat 635 ton. Pembangunannya juga berlangsung dari tahun 1922 hingga 1931.

Dana pembangunannya sendiri dikumpulkan atas donasi, dan didesain oleh teknisi lokal bernama Heitor da Silva Costa. Karena letaknya yang tinggi, dipasang juga penangkal petir di lengan, kepala, dan tangannya. Setidaknya patung ini tersambar petir 12 kali setiap musim panas.


2. Christ of The Abyss, AS

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Dibandingkan Patung Christo Redentor di Brasil, Patung Christ of The Abyss mungkin kalah secara ukuran dengan tinggi 2,6 meter saja. Namun soal letak, patung Yesus yang terbuat dari perunggu ini dapat dilihat di bawah permukaan air Key Largo di Florida.

Patung seberat 260 kilogram tersebut merupakan karya dari seniman Italia, Guido Galletti. Kelihatannya patung tersebut sengaja ditenggelamkan pada tahun 1965 sebagai karya seni bawah laut. Patung tersebut dapat terlihat dari permukaan air, maupun oleh diver.


3. Buddha Dordenma, Bhutan

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Ketika patung Buddha Dordenma selesai dibuat nanti, patung yang terbuat dari emas dan perunggu ini akan menjadi salah satu patung Buddha tertinggi di dunia. Tingginya sendiri diperkirakan akan mencapai 51 meter.

Setidaknya $47 juta dollar atau sekitar Rp 579 milyar sudah dikucurkan oleh China's Aerosun Corporation untuk pembangunannya. Patung tersebut juga akan dilengkapi ruang meditasi dan 125.000 patung Buddha berukuran kecil. Diperkirakan patung Buddha ini akan selesai pada tahun depan.


4. Cristo De La Concordia, Bolivia

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Patung Cristo de la Concordia merupakan patung Yesus terbesar kedua di dunia, sekaligus patung terbesar ketiga di belahan bumi selatan. Patung tersebut memiliki tinggi 33 meter, sedikit lebih tinggi dari Cristo Redentor di Brasil.

Pada hari Minggu, wisatawan dapat memanjat Patung Cristo de la Concordia hingga ke ruang observasi di puncaknya. Bersiaplah untuk kagum akan pemandangan Kota Cochabamba dari ketinggian.


5. Laykyun Setkyar, Myanmar

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Apabila mampir ke Monywa di Myanmar, kamu akan melihat Laykyun Setkyar, dua patung Buddha dengan dua pose. Satu dalam posisi tidur, dan satu lagi dalam posisi berdiri. Patung Laykyun Setkyar sendiri merupakan salah satu yang terbesar di dunia, setinggi 116 meter.

Pembangunan patung figur Buddha Gautama tersebut dimulai tahun 1996, dan selesai tahun 2008. Ada 32 cerita di dalam Patung Buddha ini. Dimana 12 ceritanya mendeskripsikan tentang neraka.


6. Leshan Giant Buddha, Tiongkok

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Patung berikutnya adalah Patung Buddha Leshan di Sichuan, Tiongkok. Patung Buddha Leshan memiliki tinggi 71 meter dan terbuat asli dari batu di pinggir bukit. Dibangun pada masa Dinasti Tang, serta merupakan salah satu Situs UNESCO.

Sejarahnya, seorang biksu bernama Haitong percaya, kalau keberadaan patung Buddha akan membuat sungai menjadi tenang. Namun ketika dana pembangunan habis, Haitong malah bunuh diri karena putus asa. Beruntung pembangunan patung tersebut diteruskan oleh pemerintah setempat dan selesai.


7. Lord Murugan Statue, Malaysia

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Apabila mampir ke Batu Caves di Selangor, Malaysia, Patung Hindu Lord Murugan terlihat berdiri megah. Dalam agama Hindu, patung setinggi 42 meter tersebut adalah yang tertinggi. Patung tersebut dibuat oleh 15 pemahat terampil dari India. Patung tersebut terbuat dari 250 ton besi, 1.550 kubik beton, dan 200 liter cat emas. Dibutuhkan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya.


8. Tian Tan Buddha, Hong Kong

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Patung outdoor Buddha terbesar yang terbuat dari perunggu ini, membutuhkan waktu 12 tahun untuk diselesaikan. Waktu yang cukup lama. Letak patung tersebut berdekatan dengan Biara Po Lin di Hong Kong, yang disebut sebagai pusat agama Buddha.

Patung Buddha Tian Tan sendiri memiliki tinggi 34 meter dan memiliki berat 25 ton. Saking tingginya, patung Buddha tersebut dapat terlihat dari Macau. Di dalam Patung Buddha Tian Tan juga disimpan abu Shakyamuni, guru yang menemukan agama Buddha.


9. Wat Pho Buddha, Thailand

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Orang yang berkunjung ke Thailand hampir selalu mampir ke Kuil Wat Pho di dekat Grand Palace, untuk melihat Patung Buddha Tidur. Patung tersebut memiliki tinggi 15 meter dan panjang 43 meter. pengunjung juga diajak untuk mengucapkan permohonan, sambil menaruh koin di antara piring.

Salah satu bagian menarik patung tersebut terletak di kakinya. Dimana dihias dengan mutiara yang menampilkan simbol Buddha, seperti bunga lotus, gajah, dan harimau. Di atas patungnya juga terdapat payung tujuh sisi yang melambangkan Thailand, serta 108 piring perunggu yang menandakan jarak.


10. Sendai Daikannon, Jepang

Patung Religius Paling Terkenal Di Dunia

Kalau soal patung Buddha, Jepang juga punya Patung Sendai Daikannon di Sendai. Patung tertinggi ke-enam di dunia ini, menampilkan Bodhisattva atau pencerahan. Patung setinggi 100 meter itu digambarkan tengah menahan batu permohonan di tangan kanan, dan kendi air di tangan kiri.

Lift pun tersedia bagi orang yang ingin menuju lantai tertinggi. Uniknya, patung Buddha tersebut menghadap langsung Stasiun Sendai. Jika Anda tersasar, cukup lihat arah Patung Sendai Daikannon yang menghadap pusat kota.



loading...